1.31.2009

bocoran premiere Romeo Juliet


mungkin sebagian dari kita udah familier dengan banner di atas ato melihat dengan teliti settingnya. pasti ada dua kesimpulan yang akhirnya mengemuka : banner film Romeo - Juliet dan stadion Kanjuruhan. Romeo - Juliet sendiri memang mengambil setting di stadion Kanjuruhan selain luar stadion Gajayana. Malang menjadi lokasi syuting alternatif karena film ini sempat mendapat penolakan keras dari pimpinan The Jak dan Viking.

Mengapa pentolan The Jak dan Viking sampe perlu mengeluarkan reaksi keras?

film yang disutradarai oleh Andi Bachtiar Yusuf (Ucup) ini mengangkat tema permusuhan yang sudah berjalan bertahun-tahun dan dibalut dengan cinta yang melibatkan antara Desi, pendukung Viking Persib Bandung (diperankan Sissy Prescillia) dan Rangga, suporter The Jak Persija Jakarta (diperankan Edo Borne). para pentolan The Jak maupun Viking kontan mengambil sikap untuk menentang seiring bergulirnya proses syuting. sementara audisi pemain telah dijalani dan pemeran utama sudah didapat, script udah selesai dan setting lokasi terpaksa diganti.

Ucup menyiapkan Malang sebagai lokasi pengganti bukan tanpa alasan. di dalam film tersebut, Yuli Sumpil (dirijen Arema, salah satu pemeran utama The Conductors) turut menyumbangkan aktingnya dengan berperan sebagai penengah konflik. selain itu Aremania sendiri memiliki hubungan yang erat dengan The Jak dan relatif tidak mempunyai masalah dengan Viking. selain itu, menurut Ucup, Malang mendapat kehormatan menjadi salah satu diantara 8 kota yang menggelar premiere Romeo - Juliet. 7 kota lainnya adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogja, Medan, Makasar dan Semarang. menurut rencana premiere di Malang akan dilaksanakan di Matos 21 pada tanggal 23 April 2009. setelah itu Bali, Balikpapan, Samarinda, Manado, Ambon dan Padang akan menjadi kota-kota berikutnya yang memutar film tersebut.

seperti kita tau, Ucup sendiri menuai banyak penghargaan di berbagai ajang festival film bersama The Conductor. The Conductor mendapat penghargaan pada Festival Film Dokumenter 2008 di Jogja. even yang digelar pada tanggal 6-13 Desember 2008 di Benteng Vredeburg dan Societet Militaire Taman Budaya itu menganugrahinya sebagai Best Film. setelah itu giliran Pusan International Film Festival yang mengganjarnya Special Mention. dunia perfilman tanah air turut memberikan apresiasinya lewat penghargaan sebagai Film Dokumenter Terbaik pada ajang Piala Citra kemarin.

semoga ini bukan akhir dari pencapaian prestasi Ucup bersama Malang.




No comments: