11.05.2008

Victory for Obama


kemaren adalah hari yang ditunggu tunggu seluruh rakyat Amerika dan penduduk dunia, karna kemaren adalah momen spesial bagi Amerika Serikat. tepat sekali! Amerika Serikat kini memiliki seorang presiden baru, dalam hal ini sang presiden bukan lagi George W. Bush dan bukan dari kalangan kulit putih. pertama kali dalam sejarah politik Amerika Serikat, 50 negara bagian itu kini dipimpin oleh Barack Obama, seorang kulit hitam yang menjadi wakil dari Partai Demokrat. Obama mengungguli kandidat kuat dari Partai Republik, John McCain.


di dalam darah Obama sendiri mengalir darah Afro Amerika karena dia merupakan peranakan dari Kenya dan Amerika Serikat. sang ayah berasal dari Kenya dan ibunya adalah penduduk asli Kansas, Amerika Serikat. semangat "Change, Believe" lah yang diusungnya dalam pemilihan presiden kali ini dan semangat itu pula yang sukses mengantarkannya ke Gedung Putih. perubahan merupakan tema sentral kampanye partai demokrat dan perubahan pula yang dituntut oleh mayoritas rakyat Amerika Serikat mengingat presiden sebelumnya, Bush, bisa dikatakan gagal total dalam membawa dan menjaga nama Amerika Serikat di tingkat internasional.

Obama terpilih menjadi presiden Amerika Serikat ke 44 dan presiden pertama yang berkulit hitam. sebuah torehan manis di jejak sejarah Amerika Serikat karena calon dari kulit hitam pada masa sebelumnya tidak pernah berhasil maju menjadi presiden. kemenangan ini begitu memancing reaksi positif dari semua kalangan dan semuanya berharap Obama mampu memperbaiki kinerja dan hubungan luar negeri Amerika Serikat. dalam hal ini pembahasan hubungan luar negeri dengan musuh-musuh politik Amerika Serikat seperti : Iran, Korea Selatan dan Kuba. dan masih banyak agenda lain yang menunggu respon langsung dari Obama dan kabinetnya termasuk menangani persoalan resesi ekonomi yang menjadi masalah global akhir akhir ini.

berpuluh-puluh ribu kilometer ke arah barat dari Amerika Serikat, dihelat pula sebuah pemilihan dengan lingkup regional yaitu pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Timur. saya tidak menggunakan hak pilih saya karna saya tidak merasakan apa tema dan semangat yang diusung oleh 2 calon yang bertarung menuju Gedung Grahadi itu. kedua calon tersebut lebih memilih berkampanye di lokasi yang mereka kenal baik dan mayoritas akan mendukung mereka.

sejak sosialisasi pilgub itu sendiri, saya udah pesimis akan para calon yang memperebutkan kursi nomor 1 Jawa Timur tersebut. di lain pihak, Obama lebih menarik perhatian saya dengan visi dan misinya yang simpel dan mendasar, ketimbang visi dan misi ngga jelas dari kandidat pilgub tadi. melihat sepak terjang di saat kampanye saja saya udah pesimis akan kinerja mereka saat menjadi gubernur nanti. kalo anak sekarang bilang, "ngga banget deh!" hehehehe ...

PS : tulisan diatas tidak bermaksud mendiskreditkan ras, hanya sekedar penggambaran kronologi peristiwa.



No comments: