1.26.2008

not all of us were born to lead

di bulan penghujung tahun 2007 kemaren, Jakarta menjadi tuan rumah festival film yang bertajuk Jakarta Internasional Film Festival (JiFFest) 2007. festival yang dihelat di di Blitz Megaplex, Jakarta, ini memutar gabungan film manca negara dan film Indonesia sendiri. dan tepatnya hari minggu (9/12), Aremania menjadi pusat perhatian para insan dan pemerhati festival film tersebut. sang dirigen Aremania, Yuli Sumpil, mendapat kehormatan bermain film bersama Addie M.S. (musisi orkestra) dan A.G.Sudibyo (dirigen paduan suara UI), di bawah besutan sutradara Andi Bachtiar Yusuf.

film yang berjudul
Film The Conductors ini menceritakan tiga orang pria yang berprofesi sebagai konduktor dalam pengertian yang berbeda satu sama lain. satu sebagai pemimpin orkestra terkemuka (Addie MS), satu pria memimpin 5.000 penyanyi dalam sebuah paduan suara (A.G. Sudibyo), dan satu lagi adalah pencinta sepak bola yang dapat menggerakkan 50.000 orang menari dan menyanyi (Yuli “Somphiel” Sugianto). ketiga pria ini memiliki kharisma yang merefleksikan kekuatan jiwa kepemimpinan mereka.

Andi Bachtiar Yusuf sendiri membutuhkan sekitar 7 bulan untuk merampungkan karyanya ini. sebuah masterpiece monumental mengingat menggabungkan ketiga tokoh diatas bukan perkara yang mudah. dan pada saat gala premiere The Conductors, ketiga tokoh tersebut hadir bersama The Jak dan Aremania. jalinan fusi yang indah antara dua basis supporter terbesar di Indonesia.

film yang menokohkan tiga pribadi dengan bidang gelutan dan komunitas yang berbeda ini mempu menyuguhkan sebuah (ato tiga malah :P) alternatif tipe pemimpin yang diidamkan. Addie M.S. begitu handal memadukan sekumpulan pemain musik menjalin sebungkus hidangan bernama orkestra.
A.G. Sudibyo dituntut "mengemudikan" ribuan pelantun yang tergabung dalam choir Universitas Indonesia. dan yang trakhir tapi tidak kalah hebatnya, Yuli “Somphiel” Sugianto bukanlah seseorang yang pernah mengecap bangku kuliah dan mepelajari cara memanage emosi puluhan ribu Aremania tetapi dia mampu dan masih dianggap yang terbaik.

sungguh suatu perpaduan yang indah saat lagu Indonesia Raya secara bersamaan dilantunkan dari ruang konser Twilite Orchestra, Balairung UI dan Stadion Gelora Bung Karno sebagai wujud unjuk diri dari masing-masing tokoh yang diberi tagline Pemimpin.

great job!!



PS. : sudut pandang lebih dalem tinggal klik
kalo teasernya The Conductors, tinggal pencet


1 comment:

percuma cakep klo ga lucu said...

tontonan murah tetapi bergizi tinggi ...
itulah kesan yang saya tangkap ketika keluar dari Dieng 21
film berbujet murah tetapi mendapatkan kesan dan feed back yang dalam dari para penontonnya
salut buat Andi Bachtiar Yusuf !

two thumbs up!!