7.06.2006

Italy - France, Berlin July 9, 2006 20:00

akhirnya Jerman takluk juga ...

udah gitu pas extra time babak kedua lagi, padahal 3 menit lagi adu penalti tuh
Jerman seh sebenernya penampilannya molai membaik dibanding pas uji coba pra Piala Dunia. Klinsmann berhasil mengubah pola permainan Jerman yang cencerung defensive possesion football menjadi attacking possesion football. dan hasilnya bisa dilihat dari perbandingan jumlah gol yg dihasilkan dan yg berhasil menembus jala Lehmann, sangat positif dan membuat publik Jerman memiliki ekspektasi yg tinggi terhadap tim mereka.

Tapi kali ini Jerman ketemu dengan tim yg selevel dengan mereka dan sudah sama-sama mengukir 3 kali juara dunia, Italia. Italia, tim yg juga sedang mengalami transisi permainan sejak masuknya Andrea Pirlo yg berperan sebagai deep playmaker mampu mengubah permainan Italia menjadi atraktif dipadu mengalirnya umpan ke striker dari tengah maupun dari sayap.

Jerman akhirnya keteteran juga menghadapi permainan Italia. umpan through pass maupun crossing bergantian menyayat pertahanan Jerman. untunglah yg berdiri di bawah mistar adalah Jens Lehmann. Lehmann berhasil memaksa Italia untuk melanjutkan permainan hingga extra time.

Fabio Grosso dan Alex Del Piero lah yg akhirnya menundukkan keangkuhan Jerman di depan publik dan kandangnya sendiri. kemenangan Italia ini sekaligus memperpanjang rekor kemenangan mereka dengan Jerman.

Italia sudah ditunggu Perancis di final tanggal 9 Juli mendatang.

Perancis sendiri melaju ke final setelah mengatasi perlawanan Portugal lewat penalti Zidane. Portugal sendiri tampil tidak mengecewakan, mereka mengurung pertahanan Perancis sepanjang babak kedua. cuman memang Perancis sedang dipayungi keberuntungan plus motivasi berlebih yg ditiupkan Zidane menjelang masa pensiunnya.

kalo ngliat permainan yg ditampilkan di semifinal seh, noy cenderung memilih Italia.

tapi yg jelas, siapapun yg menang nanti pasti akan menambah satu bintang di atas logo federasi sepakbola mreka.

let's enjoy the game...

No comments: